@thesis{thesis, author={Amanda Felicia}, title ={Motif dan kepuasan pengguna majalah khusus film "cinemags" (survei terhadap mahasiswa cinematography Universitas Multimedia Nusantara angkatan 2010-2011)}, year={2013}, url={http://kc.umn.ac.id/800/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh khalayak yang aktif dalam memutuskan media apa yang akan dipergunakan yang sesuai kebutuhan dan minat. Dalam memilih suatu media tertentu, khalayak memiliki motif tersendiri yang ingin dicari ketika mengonsumsi media. Media yang dibahas dalam penelitian ini adalah media cetak yaitu majalah khusus yang membahas tentang film dan perfilman. Menurut William L. Rivers, Sekarang adalah zaman majalah-majalah khusus. (2008: 21), dan CINEMAGS adalah majalah khusus yang membahas mengenai film dan perfilman. Alasan memilih majalah khusus film adalah karena film merupakan salah satu pilihan utama khalayak dalam mencari hiburan. Karena film dianggap oleh khalayak sebagai hiburan paling lengkap karena terdiri dari audio dan visual dan pesan moral pada tempat dan waktu yang sama. Tapi tidak semua film layak dikonsumsi masyarakat, oleh karena itu khalayak butuh sebuah media untuk referensi. Penelitian ini menggunakan landasan teori Uses and Gratification dengan membandingkan Gratification Sought (motif penggunaan media) dan Gratification Obtained (kepuasan yang didapatkan atas pemenuhan motif) sebagai variabel. Media yang digunakan adalah media cetak yaitu majalah karena majalah adalah media cetak yang pembahasan lebih dalam dan timeless, juga isunya merupakan topik khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Menggunakan metode survei, dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan responden mahasiswa Cinematography UMN angkatan 2010 dan 2011 yang membaca CINEMAGS dengan alasan mereka membutuhkan referensi media dalam mempelajari Cinematography. Populasi pembaca CINEMAGS dari mahasiswa Cinematography adalah 79 orang dengan sampel sejumlah 66 orang yang dihitung dengan rumus Yamane. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat kepuasan setelah mengonsumsi majalah khusus film CINEMAGS karena nilai skor GO lebih tinggi dari GS.} }