@thesis{thesis, author={Wijaya Ivander}, title ={Implementasi program Corporate Social Responsibility PT. XL Axiata, tbk dalam mengelola reputasi perusahaan (studi kasus program XL Future Leaders Batch 1)}, year={2015}, url={http://kc.umn.ac.id/812/}, abstract={Dalam perkembangannya, pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan saat ini bukan hanya menjadi sebuah program yang dilakukan hanya untuk memenuhi aspek legalitas semata, tapi saat ini CSR juga sudah menjadi bagian dari bisnis perusahaan yang dilakukan secara strategis. Penelitian ini akan membahas mengenai program XL Future Leaders batch 1 sebagai salah satu program CSR dari PT XL Axiata, Tbk (XL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program XL Future Leaders batch 1 sebagai salah satu bagian dari pengelolaan reputasi di XL, yang pelaksanaannya berada dalam divisi corporate communication. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep corporate communication dari Cornelissen, model tahapan CSR dari Coombs&Holladay, peneliti juga menggunnakan model alternatif program CSR bagi perusahaan dari Kotler&Lee. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik, pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Dalam menguraikan dan menjelaskan, penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Key informan dalam penelitian ini adalah Manager Communications Services Corporate Communications dari XL, dan juga Program Leader dari XL Future Leaders. Penelitian ini akan berfokus dalam menganalisis bagaimana implementasi program, dan bagaimana pengaruhnya terhadap reputasi perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan program XL Future Leaders batch 1 tidaklah dilakukan hanya untuk memenuhi aspek legalitas perusahaan saja. Implementasi program ini dilakukan sesuai konsep tahapan pelaksanaan CSR dari Coombs&Holladay, dan memberikan dampak positif kepada reputasi perusahaan, sesuai dengan objektif perusahaan} }