@thesis{thesis, author={Sekar Modesta}, title ={Strategi marketing public relations dalam re-concept brand image taman wisata mekarsari (studi kasus : special event pasar buah nusantara periode 23 desember 2012 -1 januari 2013)}, year={2013}, url={http://kc.umn.ac.id/920/}, abstract={Taman Wisata Mekarsari merupakan pusat rekreasi agrowisata dengan konsep taman buah tropis terlengkap dan terbesar di Indonesia. Taman Wisata Mekarsari pada awal berdirinya merupakan taman yang dibangun untuk kebun pembibitan dan produksi buah atau holtikultura, namun pada tahun 2004 Mekarsari berganti nama dari Taman Buah Mekarsari menjadi Taman Wisata Mekarsari, dan melakukan re-positioning dari taman holtikultura menjadi taman agrowisata kebun koleksi buah tropis hingga saat ini. Walaupun begitu persepsi publik terhadap taman wisata ini tetap sebagai taman buah produksi. Oleh karena Taman Wisata Mekarsari melakukan re-concept brand image sebagai taman buah koleksi, dengan tujuan meluruskan persepsi publik bahwa Mekarsari adalah pusat agrowisata yang memiliki kredo 4Si yaitu Konservasi, Reboisasi, Edukasi dan rekreasi serta koleksi buah tropis terlengkap dengan konsep ?Tropical Fruit Garden? . Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : Teori Marketing Communications, Konsep Marketing Public Relations, Model Perencanaan Strategis MPR, Brand Equity,Brand Positioning, Brand Association, Brand Image, Brand Identity dan Special Events. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post positivistik, dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, metode penelitian studi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa strategi MPR yang digunakan adalah melalui Special Event Pasar Buah Nusantara. Melalui event ini Taman Wisata Mekarsari menyisipkan berbagai nilai-nilai untuk memberikan edukasi mengenai kredo 4Si dan konsep sebagai taman buah koleksi. Secara umum strategi ini efektif mencapai target evaluasi dalam hal peningkatan jumlah pengunjung, pembelian tiket, omset penjualan dan publikasi media, namun disisi lain strategi ini belum dapat memenuhi tujuan sebenarnya untuk memperkuat brand image Taman Wisata Mekarsari sebagai pusat agrowisata terpadu (konservasi, reboisasi, rekreasi dan edukasi) serta taman koleksi buah tropis.} }