@thesis{thesis, author={Indriyani 4301406011}, title ={(ABSTRAK) KESIAPAN LABORATORIUM KIMIA DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KTSP DI SMA NEGERI SE KABUPATEN KENDAL}, year={2010}, url={http://lib.unnes.ac.id/10410/}, abstract={Satu tempat penunjang dalam proses pembelajaran yaitu laboratorium. Berdasarkan hasil observasi awal yang sudah dilakukan peneliti pada bulan Agustus tahun 2009 ternyata tidak semua memanfaatkan laboratorium kimia secara maksimal dalam proses pembelajarannya. Laboratorium yang baik perlu disediakan sehingga pembelajaran yang memerlukan laboratorium dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan ini dapat berjalan maksimal. Permasalahan yang diteliti yaitu apakah laboratorium kimia di SMA Negeri se-kabupaten Kendal siap dalam mendukung pelaksanaan KTSP. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah laboratorium kimia di SMA Negeri se-kabupaten Kendal siap dalam mendukung pelaksanaan KTSP. Untuk mendapatkan data mengenai kesiapan laboratorium kimia maka penulis melakukan observasi mengenai desain, fasilitas dan alat dan bahan yang ada dilaboratorium. Selain itu dilakukan dengan memberi angket dan wawancara dengan guru dan laboran yang bekerja. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa berdasarkan indikator yaitu desain ruang, administrasi dan pengelolaan penyelenggaraan laboratorium pada Sekolah 01-06 yaitu masing-masing 84,27%, 78,65%, 85,39%, 71,91%, 76,40% dan 67,42% . Berdasarkan angket kepada siswa pada Sekolah 01-06 yaitu masing-masing 71,626%, 64,479%, 71,258%, 68,744%, 58,788% dan 72,054%. Dan berdasarkan hasil observasi sarana dan prasarana laboratorium pada Sekolah 01-06 yaitu masing-masing 78,51%, 55,37%, 73,55%, 57,85%, 64,46% dan 66,94%. Dari hasil presentase kesiapan laboratorium semua SMA Negeri di Kabupaten Kendal dalam kategori siap.} }