@thesis{thesis, author={Hamdiyah D Fitriawati 4401406018}, title ={Penggunaan Kartu Bergambar dalam Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi dengan Diskusi Model Team Games Tournament di SMA}, year={2011}, url={http://lib.unnes.ac.id/10417/}, abstract={Fitriawati, Hamdiyah D. 2010. Penggunaan Kartu Bergambar dalam Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi dengan Diskusi Model Team Games Tournament di SMA. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Ir. Nur Rahayu Utami, M. Si. dan drh. Wulan Christijanti, M. Si. Penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi khususnya pada materi sistem reproduksi yang bersifat kompleks menyebabkan hasil belajar siswa SMA Negeri 11 Semarang rendah. Penggunaan media kartu bergambar dengan diskusi model Team Games Tournament menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah. Kartu bergambar dalam penelitian ini tidak hanya gambar berwarna saja, tetapi juga dilengkapi dengan graphic organizer. Kartu bergambar dalam penelitian ini akan digunakan dengan diskusi model Team Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan kartu bergambar dalam pembelajaran materi sistem reproduksi dengan diskusi model Team Games Tournament di SMA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pre Test–Post Test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI IPA SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA3, dan XI IPA 4. Sampel yang diambil dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok pembanding. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan kartu bergambar dan diskusi model TGT. Di setiap pertemuan, terdapat permainan yang harus dimainkan oleh kelompok turnamen. Permainan tersebut berturut-turut adalah remi, make a match, number card, dan monopoli, sedangkan pada kelompok pembanding, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan charta dan diskusi biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang menggunakan kartu bergambar dengan model diskusi TGT berbeda dengan peningkatan hasil belajar siswa kelompok pembanding yang menggunakan media charta dengan diskusi biasa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu bergambar dalam pembelajaran materi sistem reproduksi dengan diskusi model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Semarang. Kata kunci: kartu bergambar, sistem reproduksi, Team Games Tournament} }