@thesis{thesis, author={Rahmad Hari Setiyono 7101407072}, title ={Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011}, year={2011}, url={http://lib.unnes.ac.id/10534/}, abstract={Hasil Observasi awal di SMA Negeri 2 Wonogiri menunjukan pencapaian prestasi belajar belum maksimal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu motivasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan metode pembelajaran. Permasalahan yang dikaji yaitu, apakah ada pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Wonogiri secara parsial, apakah ada pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi melalui motivasi belajar sebagai variabel moderating pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Wonogiri secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonogiri yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan metode pembelajaran prestasi belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Wonogiri. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu analisis data dan interpretasi skor, analisis konfirmatori, analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan uji asumsi SEM yang terdiri dari uji normalitas dan outliers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 29,1%, ada pengaruh langsung antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 25,1% ada pengaruh langsung antara metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 22,1% dan ada pengaruh tidak langsung antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi dengan melalui motivasi belajar sebagai variabel moderating. Pengaruh LK} }