@thesis{thesis, author={Angga Pradita Wibowo 6102909038}, title ={Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli Melalui Permainan Bola Voli Net Hidup Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sekolah pada Siswa Kelas V SDN 8 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun 2011}, year={2011}, url={http://lib.unnes.ac.id/10552/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan permainan bola voli melalui permainan bola voli net hidup memanfaatkan linkungan sekitar pada siswa kelas V SDN 8 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD 8 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang berjumlah 24 siswa. Adapun instrumen penelitian yang dipergunakan adalah angket atau kuesioner, lembar observasi dan dokumentasi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tujuh langkah yang utama yaitu dengan : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal (berupa model permainan bola voli net hidup), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (8 siswa), (5) uji lapangan(24 siswa), (6) revisi produk akhir berdasarkan hasil dari uji lapangan, (7) hasil akhir model permainan bola voli net hidup bagi siswa SDN 8 Gondosari yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (8 siswa SDN 8 Gondosari), dan uji lapangan (24 siswa SDN 8 Gondosari). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 82,6% (baik), ahli pembelajaran I 88% (baik), ahli pembelajaran II 89,3% (baik), uji coba kelompok kecil 87,%1 (baik), dan uji lapangan 95,83% (sangatbaik). Data dari yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan bola voli net hidup ini dapat digunakan bagi siswa SDN 8 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru pendidikan jasmani dan olahraga Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran bola voli melalui permainan bola voli net hidup ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan.} }