@thesis{thesis, author={Aris Isriyadi Nugroho 6101407054}, title ={Pembelajaran Penjasorkes Berdasarkan KTSP Pada Sekolah Dasar Se Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011}, year={2011}, url={http://lib.unnes.ac.id/10569/}, abstract={Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pelaksanaan kompetensi profesional guru Penjasorkes berdasarkan KTSP di Sekolah Dasar se Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011, yaitu pelaksanaan terdiri dari 3 aspek (Perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi) ??Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Penjasorkes berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dokumentasi, observasi, dan pengumpulan datanya menggunakan angket. Angket disebarkan kepada setiap sampel yang telah ditentukan, yang selanjutnya dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif dengan persentase terhadap data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes pada SD se-Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 42 penjasorkes . Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proposional random sampling. Adapun agar seluruh wilayah penelitian yang terdiri dari 9 Dabin di Kecamatan Pemalang tersebut semuanya terwakili, maka peneliti menetapkan jumlah sampel baik SD Negeri maupun Swasta tiap-tiap Dabin adalah 4-6 SD. Sehingga jumlah sampel diperoleh setelah dilakukan perhitungan adalah 42 guru penjasorkes sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes berdasarkan KTSP pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Pemalang secara umum termasuk dalam kriteria ?sangat tinggi? dengan rata-rata klasikal sebesar 83,37%. Sangat tingginya tingkat pelaksanaan proses pembelajaran Penjasorkes berdasarkan KTSP didukung oleh sangat baiknya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang didasarkan pada KTSP. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah: Guru Penjasorkes pada Sekolah Dasar se-Kecamamtan Pemalang diharapkan selalu berinisiatif dalam mengembangkan kemampuan dan keahliannya, khususnya yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanan dan evaluasi pembelajaran sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), agar proses pembelajaran dapat terus berkembang kearah positif.} }