@thesis{thesis, author={Bagus Chandra H. 2101406666}, title ={(ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DRAMA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI METODE INKUIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMPN 5 BLORA KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2009/2010}, year={2010}, url={http://lib.unnes.ac.id/9813/}, abstract={Keterampilan menyimak drama pada peserta didik kelas VIII D SMPN 5 Blora Kabupaten Blora tergolong rendah. Rendahnya kemampuan menyimak drama disebabkan oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal, yaitu siswa kurang minat terhadap pembelajaran menyimak drama. Faktor eksternal yaitu siswa belum diarahkan untuk menyimak drama dengan baik. Oleh karena itu, sebagai upaya memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode inkuiri dan media audiovisualn dalam pembelajaran menyimak drama. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimak drama dengan menggunakan media audiovisual melalui metode inkuiri pada peserta didik kelas VIII D SMPN 5 Blora Kabupaten Blora dan (2) bagaimana perubahan sikap dan perilaku pada peserta didik kelas VIII D SMPN 5 Blora Kabupaten Blora setelah melakukan pembelajaran keterampilan menyimak drama dengan media audiovisual melalui metode inkuiri. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendiskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan menyimak drama dengan media audiovisual melalui metode inkuiri dan (2) mendiskripsikan perubahan sikap dan perilaku pada peserta didik kelas VIII D SMPN 5 Blora Kabupaten Blora setelah melakukan pembelajaran keterampilan menyimak drama media audiovisual melalui metode inkuiri. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu keterampilan menyimak drama pada peserta didik kelas VIII D SMPN 5 Blora Kabupaten Blora. Data dikumpulkan dengan teknik nontes dan tes. Berdasarkan analisis data penelitian terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa, yaitu siklus I 68,71 dan siklus II 84,89. Peningkatan itu diikuti oleh perubahan sikap dan perilaku positif dalam pembelajaran. Siswa lebih bersemangat dan antusias dalam menyimak drama dan menjawab pertanyaan tentang drama. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran menyimak drama menggunakan media audiavisual dan metode inkuiri telah mampu meningkatkan siswa dalam menyimak drama. Peneliti berharap para guru bahasa dan sastra Indonesia dapat menerapkan media dan metode pembelajaran menyimak drama yang dipakai peneliti sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak drama. } }