@thesis{thesis, author={R i f a ‘ i 5301909004}, title ={PEMBELAJARAN DENGAN TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK POKOK BAHASAN MEMBUAT DOKUMEN PENGOLAH ANGKA KELAS VIII SMP 2 KUDUS }, year={2011}, url={http://lib.unnes.ac.id/9981/}, abstract={Rifa?i, 2010. Pembelajaran Dengan Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Pokok Bahasan Membuat Dokumen Pengolah Angka Kelas VIII SMP 2 Kudus. Skripsi Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Program Studi S1 Universitas Negeri Semarang. Drs.Slamet Seno Adi, M.Pd, M.T., Pembimbing I. Drs R Kartono, M.Pd., Pembimbing II. Kata Kunci: Pembelajaran, bermakna, keaktivan siswa Pembelajaran di lingkungan sekolah, biasanya hanya beberapa bahkan sebagian kecil saja yang berani bertanya, mengemukaan pendapat, atau menyanggah dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari. Hal ini mungkin dikarenakan rasa takut dianggap bodoh atau sanksi apakah pertanyaan yang nanti diajukan terlalu mudah atau anggapan lain, oleh kerena itu perlu adanya suatu bentuk pembelajaran yang bisa mengurangi anggapan tersebut. Guru harus berusaha agar siswa mampu memahami konsep rumus dan fungsi salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran TIK dengan menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada siswa kelas VIII SMP. Populasi penelitian adalah kelas VIII berjumlah 180 orang sampel yang digunakan 1(satu) kelas sebanyak 36 siswa yang diambil secara random. Pengolahan data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pembelajaran maupun hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran siklus I dan siklus II Disarankan bahwa guru dapat meningkatkan profesionalisme mengajar. Hendaknya guru dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan dapat memilih metode yang sesuai.} }