@thesis{thesis, author={Setiawan Yudi}, title ={Kualitas Pelayanan Sertifikat Tanah Hak Milik Dalam Program Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah (Larasita) Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung}, year={2013}, url={}, abstract={KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH HAK MILIK DALAM PROGRAM LAYANAN RAKYAT UNTUK SERTIFIKAT TANAH (LARASITA) PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BANDUNG Yudi Setiawan Universitas Padjadjaran Program Magister, Program Studi Administrasi Publik Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Jl. Bukit Dago Utara No. 25 Bandung 40135 e-mail : iduy10@gmail.com ABSTRAK Program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA) adalah program jemput bola atau kantor berjalan dimana mobil digunakan untuk mendatangi masyarakat di berbagai daerah, terutama yang lokasi tanahnya jauh dari Kantor Pertanahan guna mendukung pelayanan proses sertifikat tanah. Program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA) melaksanakan semua pelayanan pertanahan dalam wilayah administrasi Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota secara online dengan memanfaatkan teknologi yang dihubungkan melalui satelit dengan menggunakan fasilitas internet dan wireless communication system. Program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA) ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang semula menunggu atau pasif menjadi aktif yaitu mendatangi secara langsung masyarakat yang akan mengurus sertifikat tanah, sekaligus mengubah paradigma masyarakat yang menganggap proses pembuatan sertifikat tanah berbelit-belit, membutuhkan waktu, tenaga dan mengurangi pembuatan sertifikat lewat pihak ketiga (calo) yang membutuhkan biaya besar. Tujuan penulisan tesis ini, yaitu untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana kualitas pelayanan sertifikat tanah hak milik oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung dalam program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA). Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah koordinator tim LARASITA, koordinator pelaksana LARASITA Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung dan masyarakat yang berpartisipasi dalam program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan informan yang memiliki kaitan dengan program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA) Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sertifikat tanah hak milik dalam program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA) Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung belum berjalan dengan baik. Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung belum dapat melaksanakan pelayanan secara on-line maupun off-line. Dalam penyelesaian sertifikat tanah hak milik melibatkan seksi-seksi teknis yang terkait, menyebabkan adanya perbedaan persepsi antar pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung. Kurang sigapnya para pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung dalam menangani keluhan para pemohon (masyarakat) menyebabkan tidak semua keluhan para pemohon (masyarakat) dapat diselesaikan. Informasi kepada msyarakat tentang jadwal kedatangan pelayanan program LARASITA tidak merata. Kata Kunci : Kualitas pelayanan} }