@thesis{thesis, author={Muhammad Cita Insaniah}, title ={Proses Pekerjaan Sosial di Sekolah (Studi Kasus di SMKN 15 Bandung)}, year={2019}, url={}, abstract={Sekolah dapat memberikan pengalaman formatif bagi anak-anak. Interaksi teman sebaya dengan siswa lain dapat menjadi sumber kesenangan atau keterasingan. Banyak anak tidak dapat merespons secara efektif terhadap lingkungan sekolah karena tekanan dalam kehidupan rumah dan keluarga mereka. Permasalahan siswa ini seringkali bersifat komplikasi dan ketegangan-ketenganan di dalam diri anak sendiri, keluarganya, atau lingkungannya. Untuk mengatasi masalah serta memenuhi kebutuhan siswa di sekolah, pekerjaan sosial juga turut andil dalam upaya penyelesaiannnya yang dikenal sebagai pekerja sosial sekolah. Pennaganan masalah siswa ini dilakukan dengan proses-proses pekerjaan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses pekerjaan sosial diterapkan di sekolah menengah kejuruan 15 Bandung pada pelaksanaan fungsi pencegahan, penyembuhan, pengembangan, dan penunjang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitiatif serta menggunakan data seperti wawancara mendalam, studi lilteratur, dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Hasil penelitian menggambarkan proses pekerjaan sosial di sekolah (assessment, plan of treatment, treatment, evaluation, dan termination) pada pelaksanaan fungsi pencegahan, penyembuhan, pengembangan, dan penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pekerja sosial sekolah sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan siswa. Akan tetapi pada perosesnya maish ditemukan beberapa kekuranganya seperti kurangnya peran aktif siswa dan keluarga. Hal ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan dari pekerjan sosial itu sendiri dan kebijakan sekolah yang belum sepenuhnya mendukung keberadaan pekerja sosial sekolah.} }