@thesis{thesis, author={Rahman Rizkiyah}, title ={NILAI DIDAKTIS DALAM PERILAKU TOKOH-TOKOH PADA CERITA ANAK MAHOU NO MUCHI KARYA OGAWA MIMEI: KAJIAN DIDAKTIS}, year={2019}, url={}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada masalah didaktis yang mengandung nilai baik dan buruk yang tercermin pada tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita anak Mahou no Muchi karya Ogawa Mimei. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai didaktis dalam perilaku tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita anak tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis. Studi pustaka adalah teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Kajian yang digunakan pada penelitian ini adalah teori didaktis Muhammad Ali. Nilai didaktis menurut Ali (2013: 106) terbagi menjadi sepuluh yaitu, nilai intelektual, nilai keterampilan, nilai harga diri, nilai sosial, nilai moral, nilai keindahan, nilai ketuhanan, nilai pengendalian diri, nilai tingkah laku, dan nilai cita-cita. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu, nilai baik dan nilai buruk. Nilai baik yang ditemukan antara lain Pangeran menyembukan Ibu Tarou dan Masako dari sakit, Pangeran melindungi diri dari binatang buas, Pangeran berani menghadapi bajak laut, Pangeran mengucapkan terima kasih ketika mendapatkan bantuan, Pangeran rukun dengan binatang lainnya, Beruang berdoa ketika mengharapkan pertolongan, Tarou dan Masako mempersilahkan Pangeran untuk berteduh di rumahnya, Masako menyuguhkan makanan kepada tamu, Tarou meminjamkan kasur kepada Pangeran, Kakek bersimpati kepada Pangeran yang sedang tidur di luar ruangan, Kakek menasihati Pangeran agar tidak berkeliaran di area gunung, dan Kakek mengurungkan niatnya membunuh beruang dengan pisau. Sementara nilai buruk yang ditemukan antara lain Pangeran mengetuk pintu orang lain pada larut malam, Kakek suka membunuh binatang liar (beruang, serigala), Bajak laut ingin merebut barang milik orang lain, dan Bajak laut melukai beruang putih. Kata kunci : Baik, Buruk, Didaktis, Mahou no Muchi, Ogawa Mimei. ABSTRACT This research focuses on didactic value that contain good and bad value reflected in the characters on the children story of Mahou no Muchi by Ogawa Mimei. The purpose of this research is to describes didactic value in the characters behaviour that contained in the children story. The research method used is descriptive analysis. Literature study is a research technique used. The approach used on this research is theory didactic of Muhammad Ali. Didactic value according to Ali (2013: 106) is divided into ten values, those are intellectual value, skill value, pride value, social value, moral value, beauty value, god value, self-control value, behavioral value, ideal value. The results found in this research, these are good value and bad value. The good values found are Prince heals Tarou and Masako’s Mother from illness, Prince protects himself from wild animal, Prince is brave to face the pirates, Prince says thanked when he getting help, Prince get along well with other animals, Bear prays when expecting help, Tarou and Masako invites Prince to take shelter at their home, Masako serves food to guest, Tarou lends his bed to Prince, Hunter sympathies with the Prince is sleeping outside, Hunter advices Prince doesn’t roam the mountain area, and Hunter doesn’t kill the bear with a knife. Beside that, the bad values are Prince knocks on someone else’s door late at night, Hunter often kills the wild animals (bears, wolf), Pirates wants to snatch someone’s stuff, and Pirates injures the white bear. Keywords: Bad, Didactic, Good, Mahou no Muchi, Ogawa Mimei.} }