@thesis{thesis, author={Tandika Klara Tania}, title ={Perencanaan Bisnis Jasa Desain Grafis dan Produk Customized - The Love Label}, year={2018}, url={}, abstract={Klara Tania Tandika Email: klaratania@rocketmail.com Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kondisi keseluruhan dan peluang dari bisnis The Love Label. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dengan mengobservasi lingkungan internal dan eksternal sebagai acuan dalam merumuskan analisis SWOT, mengaplikasikan hasil analisis tersebut dalam Business Model Canvas (BMC), kemudian menjadikannya dasar dalam penyusunan rencana fungsi-fungsi bisnis The Love Label. Perencanaan fungsi bisnis disusun mulai dari aspek pemasaran, yang mengusung kegiatan promosi secara online lewat sosial media Instagram. Perencanaan operasi dilakukan dengan menetapkan sepuluh keputusan operasi berikut prosedur standar operasionalnya. Perencanaan SDM menetapkan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan meliputi satu orang karyawan admin, satu orang fotografer dan desainer, serta satu orang karyawan operasional. Investasi awal direncanakan sebesar Rp 91,243,000 dengan pendanaan dari modal sendiri. Dari proyeksi keuangan untuk tiga tahun ke depan, diperkirakan payback period akan terjadi dalam waktu satu tahun, dua bulan, sembilan hari. Hasil perhitungan juga menunjukkan nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp 205,823,736 dan Internal Rate of Return (IRR) sebesar 60%. Kinerja keuangan yang baik juga ditunjukkan dari hasil perhitungan rasio profitabilitas, yang rata-rata mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Dengan demikian, dapat dikatakan bisnis The Love Label menguntungkan dan layak untuk dilaksanakan. Kata Kunci: Rencana bisnis, desain grafis, produk customized, toko online. Dosen Pembimbing: Dr. H. Asep Mulyana, S.E., MCE., Dosen Penelaah: Dr. Drs. H. Sutisna, M.Si.,} }