@thesis{thesis, author={MILALA VILLIA FEBRINA BR}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 040459 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/117/}, abstract={Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi yang berjumlah 22 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 72,5 % dan aktivitas siswa yaitu 72%, masuk dalam kategori baik. Dari 22 orang siswa terdapat 19 orang siswa yang memperoleh tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 85,71% yang tuntas belajar. Serta nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 70,95.} }