@thesis{thesis, author={SIAHAAN WALDYANSYAH}, title ={RANCANGAN KEMASAN ROTI DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING PADA IKM HITAM MANIS KABUPATEN KARO}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/209/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dari IKM Hitam Manis dengan mengganti desain kemasan. Kansei Engineering merupakan metode yang menggunakan sebuah emosi dan perasaan menjadi desain produk, sehingga dihasilkan desain produk yang dapat memuaskan sisi emosional konsumen.Perasaan serta emosi yang ditimbulkan dari ekspektasi sebuah produk disebut dengan Kansei Word. Kansei Word ini bisa berupa kata sifat, kata kerja dan kata benda, tetapi biasanya yang digunakan adalah kata sifat. Kansei Word kemudian dijadikan input dalam penyusunan skala sikap Semantic Differential. Hasil kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode statistika. Metode statistika yang digunakan adalah Analisis Faktor. Analisis Faktor digunakan karena variabel dalam penelitian ini merupakan jenis variabel independen sehingga perlu diketahui hubungan antar variabel untuk membentuknya ke dalam beberapa faktor dan diinterpretasikan ke bentuk elemen perancangan dan atribut-atributnya. Kansei Word yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner adalah informatif, berwarna, simpel, memiliki ciri khas, menarik, mudah dibawa, rapi, mudah dibuka, modern dan mudah diingat.} }