@thesis{thesis, author={SIPAYUNG ROLANDO}, title ={KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN LIMIT FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION DI KELAS XI SOS SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/219/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada materi limit fungsi aljabar khususnya dalam memfaktorkan dan perkalian sekawan . populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SOS SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Siswa kelas XI SOS yang terdiri dari tiga kelas diambil dua kelas sebagai sampel penelitian dengan cara cluster random sampling. Dua kelas sampel penelitian adalah kelas XI SOS 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI SOS 2 yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan kelas pertama akan ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division dan kelas kedua sebagai kelas kontrol yang di beri perlakuan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes berupa uraian yang sudah di validasi oleh validator. Untuk mengetahui kemampuan siswa dilakukan teknik analisis data dan pengujian hipotesis.} }