@thesis{thesis, author={TAMBA NORIDA}, title ={KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/231/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikirkreatif ,analisis , sistematis dan logis untuk menemukan alternatif pemecahan masalah . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh yang timbul. Satu kelas sampel yang diperoleh menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan satu kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvesional. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Pancur Batu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pancur batu Tahun Pelajaraan 2018/2019 sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 164 orang. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pancur batu Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah mendapat nilai rata-rata 77,28 kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar dengan menggunakan pembelajaran konvesional mendapat nilai rata-rata 72,97 maka Kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar dengan menggunakaan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pancur batu Tahun Pelajaraan 2018/2019.} }