@thesis{thesis, author={SEMBIRING ESTRIK ENIKA BR}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 045952 GURU SINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/244/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament materi tokoh-tokoh yang memprolamasikan kemerdekaan indonesia di kelas V SD Negeri 045952 Gurusinga Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilnya. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 21 orang siswa (70%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yaitu 67,5. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 28 orang siswa (93%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 77,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 045952 Gurusinga pada pelajaran IPS dalam materi Tokoh-Tokoh Yang Memproklamasikan Kemerdekaan Idonesia.} }