@thesis{thesis, author={FLORIA ASTINA BR PA}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/247/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan “Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040538 Sampun, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 040538 Sampun. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKN pokok bahasan mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda di kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh data hasil pengamatan aktivitas guru 60,5% berkategori cukup, aktivitas siswa 68% berkatagori cukup; ketuntasan klasikal 36,4%; dan nilai rata-rata 59,54 sedangkan pada siklus II diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru 69,1% berkatagori baik dan aktivitas siswa 76% berkatagori baik, dengan ketuntasan klasikal 86,4%, nilai rata-rata 86,4.} }