@thesis{thesis, author={TARIGAN SABETA}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VI SD NEGERI 047175 SIOSAR TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/306/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Staddan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 047175 Siosar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas enam yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stadpada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stadpada materi gaya dan gerak di kelas enam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.} }