@thesis{thesis, author={SEMBIRING PRISTILA SARI BR}, title ={PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INQUIRY BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPOSITORI DALAM PELAJARAN IPA MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA KELAS IV SD SWASTA RK FR XAVERIUS PASAR IIIT.A 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/309/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Inquiry Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan Metode Ekspositori Dalam Pelajaran IPA Materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda Pada Kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasy exspriment, penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III yang berjumlah 53 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang erbagi menjadi dua kelas parallel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes essay dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan adalah uji normaitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji independen anatar dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pemehaman membaca siswa setelah menggunakan Metode Inquiry Besed Learning di kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 82,67 dan hasil belajar siswa setelah menggunakan Metode Ekspositori di kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 74,6. Hasil belajar IPA sesudah menggunakan metode Inquiry Besed Learning lebih baik daripada metode Ekpositori pada siswa kelas IV SD Swasta RK Fr Xaverius Pasar III Tahun Pelajaran 2018/2019.} }