@thesis{thesis, author={WARDINI PUTRI}, title ={PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/318/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran metode Outdoor Study dan pembelajaran metode Konvensional pada materi Menulis Karangan Deskripsi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101804 Gedung Johor pada tanggal 01 April 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor yang berjumlah 54 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh keterampilan menulis karangan deskripsi siswa menggunakan pembelajaran metode Outdoor Study memperoleh rata-rata 79,81 dan pembelajaran metode Konvensional memperoleh rata-rata 72,77. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada metode Pembelajaran Outdoor Study lebih baik daripada menggunakan metode Konvensional di kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor Tahun Ajaran 2018/2019.} }