@thesis{thesis, author={GINTING DEVI NURSELLA BR}, title ={KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN MASALAH SEHARI-HARI MENGGUNAKAN ATURAN KOSINUS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS X MIA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/335/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, pembelajaran konvensional serta mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa setelah dilaksanakannya perbaikan pembelajaran dalam aturan kosinus. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator. Bentuk desain yang digunakan adalah Control group pretest-posttest design. Sampel penelitian ditentukan dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas menjadi sampel yaitu kelas X MIA-Einstein dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-Rutherfort dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan siswa menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan aturan kosinus dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share kelas eksperimen mendapat peridakat baik dan kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional kelas kontrol mendapat predikat cukup sehingga kemampuan siswa menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan aturan kosinus dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas kontrol SMA Negeri 15 Medan.} }