@thesis{thesis, author={SELVIA MELINDA}, title ={ANALISIS PEMAHAMAN GURU TENTANG LITERASI DAN PELAKSANAAN LITERASI DI SD DESA TELUK KECAMATAN SECANGGANG TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/343/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru tentang literasi dan pelaksanaan literasi di SD Desa Teluk Kecamatan Secanggang.Masalah dalam penelitian ini adalah masih ditemukan di beberapa sekolah belum melaksanakan literasi dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Desa Teluk Kecamatan Secanggang Tahun Ajaran 209/2020 dengan subjek penelitian ini adalah seluruh guru SD Desa Teluk Kecamatan Secanggang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan dekriptif. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata Pemahaman guru tentang literasi SD Negeri 058109 Telaga jernih adalah 60, yang beradada pada kategori cukup. Nilai rata-rata Pemahaman guru tentang literasi SD Negeri 054916 Lubuk Rotan 80 kategori cukup. Nilai rata-rata pemahaman guru tentang literasi SD Swasta Muhammadiyah Sei Cabang 83,33 kategori cukup. Pelaksanaan literasi di SD Negeri 058109 Telaga Jernih memperoleh nilai 32,5 tergolong kurang. Pelaksanaan literasi SD Negeri 054916 Lubuk Rotan memperoleh nilai 62,5 tergolong cukup dan Pelaksanaan literasi SD Swasta Muhammadiyah Sei Cabang memperoleh nilai 67,5 tergolong cukup. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata SD Desa Teluk Kecamatan Secanggang dalam pemahaman tentang literasi adalah 75,65 kategori cukup. Pelaksanaan literasi SD Desa Teluk Kecamatan Secanggang 2 tergolong kurang dan 2 tergolong sangat kurang. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan literasi SD Desa Teluk Kecamatan Secanggang belum dilaksanakan dengan baik. Faktor penyebab tidak terlaksananya literasi dengan baik, kurangnya sarana dan prasarana, masih ditermukan siswa yang belum lancar membaca.} }