@thesis{thesis, author={SILABAN KRISTOPEL}, title ={ANALISIS KESULITAN SISWA MENGEMBANGKAN IDE POKOK MENJADI SUATU PARAGRAF KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/346/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan dan apa kesulitan siswa dalam mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf di kelas V dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf. Populasi berjumlah 65 siswa dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil tes pada penelitian diperoleh nilai kemampuan siswa mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 62,81 masuk dalam kriteria tinggi dengan kesulitan pemakaian EYD yang baik dan benar dengan persentase kesulitan 79,69%, kerapian tulisan siswa dengan persentase kesulitan siswa 67,19% dan kesesuaian isi tulisan dengan topik tulisan dengan persentase kesulitan 64,06%. Kesulitan mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan 2019/2020 masuk dalam kriteria tinggi. Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa mengembangkan Ide Pokok menjadi Suatu Paragraf kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019/2020 adalah faktor rasa malas/ bosan mengikuti pembelajaran mengembangkan ide pokok menjadi suatu paragraf dan kesulitan siswa dalam berbahasa atau tidak banyak menguasai kosa kata.} }