@thesis{thesis, author={TARIGAN SELVIANI BR}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 045952 GURUSINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/350/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 045952 Gurusinga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Empat yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 24 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 29 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada materi Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui di kelas empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.} }