@thesis{thesis, author={SIMAMORA MARIA NURCAHAYA}, title ={PENGARUH METODE CTL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/371/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode CTL Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pre test dan pos test.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dan penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 49 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil observasi, data Keterampilan Menulis Deskripsi mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Tes yang diberikan kepada siswa berupa essay dengan jumlah 4 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan 5%. Pengujian normalitas menggunakan rumus uji lilifors sehingga diperoleh hasil data test kelas V-A, yaitu 0,14380 dan kelas V-B, yaitu 0,12303 dengan kesimpulan data diterima karena kriteria normalitas adalah jika 0,173 Pengujian Hipotesis menggunakan rumus uji independen Antara dua faktor sehingga diperoleh <= hasil data post test V-A dan kelas V-B, yaitu 8,04 dan 5,99 karena maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pengaruh metode ctl terhadap kemampuan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 064023 kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019.} }