@thesis{thesis, author={KABAN MARTA ULINA BR}, title ={HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 065011 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/382/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran atau jawaban atas masalah yang telah dirumuskan dengan menggunakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas V SD Negeri 065011 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.Teknik pengumpulan data yaitu angket minat belajar dan dokumentasi hasil UTS semester genap Tahun Ajaran 2018/2019.Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument.Uji coba instrument dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Angket di uji coba berjumlah 30 pernyataan.Dan di uji coba di kelas V SD Negeri 060884 Medan Baru Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa.Selanjutnya hasil uji coba instrument diperoleh 25 pernyataan yang valid dan reliabel.Kemudian angket yang valid dan reliabel menjadi instrument penelitian di kelas V SD Negeri 065011 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian variabel minat belajar 2,93< 7,18 untuk α = 5%. Karena < (1-α)(k-3) maka diterima, Hasil Belajar IPS diperoleh 1,99 < 7,81 untuk α = 5%. Karena < (1-α)(k-3) maka diterima yang berarti data berdistribusi normal. Selanjutnya Persamaan Regresi angket minat belajar dan hasil belajar IPS siswa adalah yang berarti minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Hubungan linear antara minat belajar dengan hasil belajar diperoleh = 1,84 sedangkan tabel distribusi F pada signifikan α = 0,05 dengan = 2,39 dengan kriteria pengujian < dimana 1,84 < 2,39 yang berarti ada hubungan yang linear antara minat belajar dengan hasil belajar IPS. Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis diperoleh = 19,90> = 2,03, Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 065011 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.} }