@thesis{thesis, author={KACARIBU NOVRI ANITA BR}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDIOTORY, KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101826 TUNTUNGAN KEC. PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/385/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model VAK (Visual, Audiotory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet Kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101826 Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 45 siswa yang terdiri dari 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 21 siswa untuk kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test. Sampel yang digunakan dengan teknik sampel total alat pengumpulan data yang digunakan test dan analisis data yang terdiri dari pengujisn hipotesis dengan menggunakan uji independen dua faktor. Dari analisis data diperoleh hasil belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran VAK (Visual, Audiotory, Kinesthetic) memperoleh nilai rata-rata 80,71 untuk kelas eksperimen yaitu kelas yang diajarkan menggunakan model VAK (Visual, Audiotory, Kinesthetic) nilai rata-rata 70,95 untuk kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional dan hasilnya ada pegaruh positif penggunaan model pembelajaran VAK ( Visual, Audiotory, Kinesthetic) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet kelas V SD Negeri 101826 Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019.} }