@thesis{thesis, author={GINTING ROSANTI}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA ANASTASIA TP. 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/386/}, abstract={Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan bumi dan alam semesta dikelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019 sebanyak 30 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model Think Pair Share dalam pelajaran IPA dengan pokok bahasan bumi dan alam semesta di kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 60% atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 71,17% atau berkategori baik. Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 68 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 84 atau berkategori baik. Dari hasil analisis data pada siklus I hasil belajar diperoleh 22 siswa (73,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 8 siswa (26,67%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 68,66. Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 4 siswa (13,33%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 76. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019 berkategori baik dan hasil belajar IPA meningkat.} }