@thesis{thesis, author={PURBA BETSYEBA FEBRIANTI BR}, title ={PENGARUH PEMBERIAN PEMAHAMAN TENTANG PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI 101832 PANCUR BATU T.A 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/389/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf. Hal tersebut muncul karena ketidakmampuan siswa menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dilaksanakan di SD Negeri 101832 Pancur Batu pada tanggal 3 Mei 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu yang berjumlah 55 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf menggunakan pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif diperoleh nilai rata-rata 81,42 berkategori baik, menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 67,40 berkategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf di kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2018/2019.} }