@thesis{thesis, author={SITEPU OCTHARIA}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD YAYASAN DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/413/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi energi panas pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 48 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 48 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eskperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode demonstrasi alat pengumpul data yaitu test dalam berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui pembelajaran dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas berkriteria baik dan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas memperoleh rata-rata 84,00 dan hasil belajar siswa yang menggunakan Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPA energi panas memperoleh rata-rata 76,95. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2018/2019.} }