@thesis{thesis, author={SIMANULLANG NATARIA}, title ={PENGARUH WAKTU PEMBELAJARAN DAN SUASANA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENGAN TANI KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T.A 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/456/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Waktu Pembelajaran Dan Suasan Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas IV Negeri 064023 Kemengan Tani 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemengan Tani Tahun Ajaran 2018/2019, pada tanggal 8April 2019 dengan populasi seluruh kelas IV-a dan IV-b SD Negeri 064023 Kemengan Tani yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan metode dan teknik pengambilan sampel diambil semua sekaligus sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi yaitu sebanyak 50 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrument yang digunakan untuk mengukur Waktu Pembelajarn dan Suasana Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPS Berupa angket dan nilai ulangan harian Semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya korelasi antara Waktu Pembelajaran dan Susana Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPS siswa kelas IV-a yaitu yaitu r_(hitung ) sebesar 0,8963 dan kelas IV-b r_(hitung ) sebesar 0,8719 yang berkategori kuat artinya 82% faktor waktu pembelajaran dan suasana kelas terhadap prestasi belajar IPS. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara waktu pembelajaran dan suasana kelas terhadap prestasi belajar IPS. Sedangkan 8% lagi dipengaruhi oleh faktor lainnya.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh waktu pembelajaran dan suasan kelas terhadap prestasi belajar IPS didalam keseluruhan siswa kelas IV-a dan IV-b SD Negeri 064023 Kemengan Tani dan terdapat pengaruh waktu pembelajaran dan suasan kelas terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemengan Tani.} }