@thesis{thesis, author={SILAEN ROSAULI}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/469/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write)terhadap keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SD Negeri 060938 Kwala Bekala, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala, Medan Johor, Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa yang terbagi dari 2 kelas yaitu kelas IV-A dan Kelas IV-B. Sampeldalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 29 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian inia dalah quasi eksperimendengan menggunakan model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write)dengan alat pengumpulan data yaitu Tes berupa LKS yang telah disiapkan oleh peneliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 59,50dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write) memperoleh nilai rata-rata78,68. Berdasarkan analisis data hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung= -0,61613 < ttabel= 1,7061 karena thitung < ttabel sehingga Ho diterima dan H1 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write)tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa dikelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala, Medan Tahun Ajaran 2018/2019.} }