@thesis{thesis, author={MANALU ANGELA ROSE MYARTY BR}, title ={PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/486/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor study dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam di Kelas III SD Negeri 040457 Berastagi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 040457 Berastagi yang berjumlah 46 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian yag terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dan pengujian independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam setelah menggunakan metode pembelajaran outdoor study di kelas III SD Negeri 040457 Berastagi, diperoleh nilai rata-rata 79,58. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam setelah menggunakan pembelajaran konvensional di kelas III SD Negeri 040457 Berastagi, diperoleh nilai rata-rata 76,82. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh dalam penggunaan metode pembelajaranOutdoor Study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas III SD Negeri 040457 Berastagi.} }