@thesis{thesis, author={SIMANJUNTAK SUSDINA}, title ={PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIBERI SOAL LATIHAN DAN TIDAK DIBERI SOAL LATIHAN DI AKHIR PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD SWASTA DARMA WANITA PERTIWI MEDAN T.A 2018/2019}, year={2019}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/510/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika yang diberi soal latihan dan tidak diberi soal latihan pada siswa kelas V SD Swasta Darma Wanita Pertiwi Medan T. A 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan yang berjumlah 39 siswa serta sampel penelitian yang dibagi menjadi dua kelas pararel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa esay yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pencahan campuran setelah menggunakan metode latihan di Kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan T. A 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 73,28 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan campuran yang tidak menggunakan metode latihan di Kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan T. A 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 64,5.} }