@thesis{thesis, author={PARDEDE DESY ASTRYA}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/613/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2017 di SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A yang berjumlah 28 orang, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan model Word Square pada siswa kelas III-A SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan tes berbentuk essay. Pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus, dengan hasil observasi aktifitas guru pada siklus I 59 dan observasi siswa 68% dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 17 orang siswa yang tuntas (60,71%) dan 11 orang siswa yang tidak tuntas (39,29%) dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 63. Sedangkan, pada siklus II, hasil observasi guru 69,8 dan hasil observasi siswa 76% kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa 25 siswa yang tuntas belajarnya (89,29%) dan 3 siswa yang tidak tuntas belajarnya (10,71%) dengan nilai rata-rata 73,97. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis Pekerjaan di kelas III berkategori baik. Hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model Word Square pada mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis pekerjaan.} }