@thesis{thesis, author={KARO SEKALI SEPTIANA BR}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/622/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor. Dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari laki laki 10 orang dan perempuan 25 orang, waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 8 Februari dan 16 Februari 2017, dan dilaksanakan 2 siklus dengan waktu yang sama, yaitu 2x35 menit. Dari hasil analisis data, diperoleh hasil observasi aktivitas guru yang meningkat dari 60% ( cukup) pada siklus I dan menjadi 72,3% ( baik) pada siklus II, aktivitas siswa meningkat dari 68 ( cukup) menjadi 82 ( baik ) pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat dari 71,43% pada siklus I menjadi 88,57% pada siklus II, dan nilai rata-rata 63,69 pada siklus I menigkat menjadi 74,67. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor pada Tahun Pelajaran 2016/2017.} }