@thesis{thesis, author={SEMBIRING DESNI ARNATA BR}, title ={PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/683/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dan Konvensional. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 24 orang siswa yaitu kelas VA dan VB SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan instrumen 10 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (pre test dan post test). Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pre test-post test design. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual dan bantuan Ms-Excel 2007 untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model Demonstrasi (  x =76,25) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan model konvensional (  x =74,17) dalam mata pelajaran IPA materi Gaya magnet di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan model Demonstrasi lebih disarankan daripada menggunakan model konvensional untuk mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet.} }