@thesis{thesis, author={SEMBIRING YESINTA VERONICA BR}, title ={PENGGUNAAN METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 057765 LANGKAT TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/684/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode CTL pada pokok bahasan menulis karangan Argumentasi pada mata pelajran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 057765 Langkat Tahun Pelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 057765 Langkat yang berjumlah 26 Siswa . Dari analis data ,diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat dari nilai 59,9% menjadi 80,00% aktivitas siswa meningkat dari nilai 62,22% menjadi 77,77% ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 65,secara klasikal meningkat 88,46% dari nilai 20,00 meningkat menjadi 85,00 dan nilai rata-rata 69,95 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode CTL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V telah tercapai dengan kategori baik, Kemampuan belajar siswa lebih meningkat dengan menggunakan metode CTL pada mata pelajaran bahasa indonesia, Kemampuan belajar siswa pada materi menulis karangan argumentasi menggunakan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran Konvensional di kelas V SD Negeri 057765 Langkat Tahun ajaran 2017/2018.} }