@thesis{thesis, author={JAYANTI 1405030046}, title ={PENGARUH PELAKSANAAN WAKTU PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 050644 BAHOROK TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/696/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pelaksanaan waktu pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian pecahan campuran dengan pecahan campuran. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 050644 Bahorok pada tanggal 25 Januari 2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 050644 Bahorok yang berjumlah 45 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor. Hasil analisis data diperoleh, (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi perkalian pecahan campuran dengan pecahan campuran di kelas yang belajar pada pagi hari memperoleh rata-rata 80,74, (2) kelas yang belajar pada siang hari memperoleh rata-rata 75,68, dan (3) ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan waktu pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pekalian pecahan campuran dengan pecahan campuran di kelas V SD Negeri 050644 Bahorok Tahun Pelajaran 2017/2018.} }