@thesis{thesis, author={SIAHAAN ANGGUN}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101791 PATUMBAK KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/720/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Word Square, hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Konvensional, dan pengaruh penggunaan model Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pre test dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101791 Patumbak Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 101791 Patumbak yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 4 soal. Sebelum kedua kelas diberi soal pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil nilai rata-rata pre test siswa kelas V-A yaitu 61.36 dan nilai rata-rata siswa kelas V-B yaitu 55.99. Setelah kedua kelas telah dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan model Word Square yaitu 79.98 dan nilai rata-rata kelas V-B dengan menggunakan pembelajaran Konvensional yaitu 78.63. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran Konvensional. Hasil data post test, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor untuk kelas V-A (Model Word Square) dan kelas V-B (Pembelajaran Konvensional) diperoleh kelas V-A dan kelas V-B yaitu nilai 2hitung x = 15.14 dan     2 1 1 1    B Kx  = 9.49 karena 2 hitungx ˃     2 1 1 1    B Kx  maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunakan model Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018.} }