@thesis{thesis, author={PANJAITAN RIRIS BAWANA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC PATUMBAK KAB DELI SERDANG T.A 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/770/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Sinektik pada materi Menulis Deskripsi untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran Model Sinektik dan Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101790 Marindal II berjumlah 46 orang yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Sampel penelitian ini 46 siswa yaitu seluruh anggota populasi atau sampel total. Alat pengumpulan data yang digunakan tes penugasan. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksnaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan pelaksaan Post Test menggunakan Model Pembelajaran Sinektik memperoleh nilai rata-rata 80.42 dan Post Test menggunakan Model Pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 73.64. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Sinektik terhadap keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II T.A 2017/2018.} }