@thesis{thesis, author={TARIGAN ESTIANI BR}, title ={PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PENJAS DI KELAS V SD NEGERI 101814 PERIA-RIA T.A 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/775/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain lebih baik daripada metode pembelajaran langsung pada mata pelajaran penjas khususnya lompat jauh di kelas V SD Negeri 101814 Peria-ria Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan yang digunakan pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101814 Peria-ria tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 49 orang yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar lompat jauh. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan metode bermain pada kegiatan lompat jauh nilai rata rata siswa = 80.97 dengan kategori baik. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan ada peningkatan hasil belajar dengan metode bermain terhadap lompat jauh diperoleh t= 2,32 dan t(0,975)(47)=2,013 maka t=2,32 > t (0,0975)(47)=2,013. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjas dalam materi lompat jauh menggunakan metode bermain lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran langsung di kelas V SD Negeri 101814 Peria-ria Tahun Ajaran 2017/2018.} }