@thesis{thesis, author={LIMBONG INDRAYANI OKTAVIANA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK BENDA DI KELAS III SD NEGERI 060973 ASAM KUMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/796/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menngunakan model NHT pada mata pelajaran IPA materi Gerak Benda di kelas III SD Negeri 060973 Asam Kumbang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060973 Asam Kumbang Tahun Pelajaran 2017/2018, pada tanggal 13-15 Februari 2018 dengan populasi seluruh siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah 62 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen peneliti ini dengan bentuk essay yang dibatasi pada C1 dan C2 sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 72,19 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 68,10. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x2 = 9,15 ≥ (0,95)(2) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data, diperoleh χ2hitung lebih besar dari pada χ2tabel sehingga ada pengaruh Model NHT pada mata pelajaran IPA dari pada model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi Gerak Benda di kelas III SD Negeri 060973 Asam Kumbang Tahun Pelajaran 2017/2018.} }