@thesis{thesis, author={SINGARIMBUN RUDY BERMANTONI}, title ={PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI NO. 105268 TELAGA SARI KEC. SUNGGAL T.A 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/799/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahaya di kelas V SDN 105268 Telaga Sari Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SDN 105268 Telaga sari dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 42 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL). Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat yaitu siklus I dengan nilai 57,66% menjadi 78,44% di siklus II dan aktivitas siswa siklus I dengan nilai 62% menjadi 84% di siklus II. Ketuntasan individual telah mencapai KKM dengan nilai 70, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 64,30% menjadi 88% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL) pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya di kelas V SDN 105268 Telaga sari Tahun Pelajaran 2017/2018.} }