@thesis{thesis, author={LUMBAN BATU FRISKA}, title ={HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 106831 BAKARAN BATU KECAMATAN LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/800/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas v sd negeri 106831 bakaran batu kecamatan lubuk pakam tahunpelajaran 2017/2018. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana disiplin belajar siswa di SD N 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam (2) Bagaimana prestasi belajar siswa di SD N 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam (3)Apakah ada hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa SD N 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif, dan dengan menggunakan rumus korelasi ideks determinasit. Populasi seluruh siswa V SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam yang berjumlah 62 Siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data disiplin belajar dengan cara penyebaran angket.Sedangkan prestasi belajar siswa di ambil melalui wali kelas V A SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata disiplin belajar diperoleh (76,55). Rata-rata Nilai prestasi belajar siswa yang di peroleh siswa V A (76,76). Hasil yang diproleh dari korelasi indeks determinasi sebesar 0,9948 dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05. Hasil dari hitung t 74,53 sedangkan tabel t 2,040. hitung t lebih besar dari pada tabel t sehingga 0 H ditolak 1 H diterima. Artinya ada hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa.} }