@thesis{thesis, author={PARDEDE CRISTOPER}, title ={PENGARUH KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA KELAS V SD NEGERI 097807 GUNUNG MALELA T.A 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/809/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengidentifikasi unsur cerita dengan menggunakan kerja kelompok dan pemberian pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 097807 Gunung Malela pada tanggal 28 Mei 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 097807 Gunung Malela berjumlah 45 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa Essay dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data dan hipotesis diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan kerja kelompok 80,74 yang diajar dengan pembelajaran konvensional 75,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan kerja kelompok terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa materi mengidentifikasi unsur cerita di Kelas V SD Negeri 097807 Gunung Malela Tahun ajaran 2017/2018 terhadap hasil belajar siswa.} }