@thesis{thesis, author={PERANGIN-ANGIN CAMAY}, title ={HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELASIVSDN 064023 KEMENANGAN TANI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/813/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran atau jawaban atas masalah yang telah dirumuskan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional. Yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah 35 siswa kelas IV di SDN No. 064023 Kemenangan Tani. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner atau angket yang sebelumnya telah diuji cobakan di SDN 065015 Kemenangan Tani, Medan Tuntungan. Selanjutnya angket yang valid dan reliabel disebarkan pada populasi yang hasilnya diolah dengan menggunakan skala Likert.Teknik analisis terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji signifikansi. Uji prasyarat analisis meliputi: uji normalitas, dan uji linearitas. Penelitian ini dilaksanakan pada dua lokasi sekolah yang berbeda dengan waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar berkategori baik dan bernilai positif, hasil belajar siswa kelas IV di SDN No. 064023 Kemengangan Tani tahun ajaran 2017/2018 adalah semakin tinggi minat belajar semakin baik hasil belajar siswa, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV di SDN 064023 Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2017/2018.} }